7 Cara Paling Hemat Liburan Ke Jogja

Jogja menjadi kota yang paling dirindukan oleh semua orang. Saat Anda pernah sekali saja pergi ke Jogja, maka Anda pasti ingin kembali lagi. Karena itulah mungkin Katon Bagaskara sampai membuat lagu yang “Yogyakarta”. Sebuah lagu dengan aransemen musik yang enak dan membuat semua pendengarnya terkesan. Saat Anda menyanyikan lagu ini dimana saja, pasti Anda bisa membayangkan kota-kota di Jogja, keraton,Malioboro dan juga kehidupan malamnya yang ramah.

Tapi untuk pergi ke Jogja memang membutuhkan persiapan, terutama biaya. Pasti yang terbayang dibenak Anda harus membayar biaya hotel, biaya untuk transportasi dan tempat masuk wisata. Nah, Anda sebaiknya tidak perlu berkecil hati. Ikuti saja beberapa cara paling hemat liburan ke Jogja, dibawah ini!

  1. Jangan Datang Saat Musim Liburan

Kota Jogja memang sering dijadikan sebagai kota tempat tujuan wisata baik oleh pelajar atau instansi pemerintahan dan swasta. Mereka biasanya akan datang ke Jogja saat musim libur. Bisa saja itu saat libur sekolah atau ada libur nasional. Saat itu biasanya harga penginapan akan mahal karena mereka juga menerapkan high dan low season.

Nah untuk menghindari biaya penginapan yang terlalu mahal maka lebih baik mengambil waktu cuti di hari kerja. Atau memilih waktu libur singkat seperti akhir pekan. Saat itu biasanya biaya penginapan tidak naik atau tetap standar. Dan untungnya lagi Anda tidak perlu bermacet-macet di jalanan kota Jogja.

  1. Pesan Tiket Lebih Awal

Jika Anda sudah menetapkan rencana untuk berlibur ke Jogja, maka lebih baik untuk mencari tiket lebih awal. Anda bisa menempuh perjalanan dengan kereta, bus atau pesawat. Kota Jogja sangat mudah diakses sehingga Anda bisa memilih moda transportasi yang paling dekat dengan tujuan Anda.

Terlebih jika Anda memilih tiket pesawat maka memesan jauh sebelum hari H akan sangat menguntungkan. Begitu juga jika ingin memesan tiket kereta api. Jika Anda tinggal tidak terlalu jauh dari Jogja seperti dari Semarang atau Solo, maka tiket bisa dipesan pada hari H, karena tidak ada selisih harga.

  1. Pesan Penginapan dari Rumah

Jogja yang menjadi kota tujuan wisata memang memiliki banyak fasilitas. Salah satunya adalah penginapan. Anda harus memikirkan sejak awal, dimana Anda akan tinggal setelah sampai di Jogja. Banyak alternatif yang tersedia seperti hotel, motel, guesthouse dan homestay. Semua bisa Anda pilih sesuai harga.

Jika Anda ingin mencari harga terbaik maka pesan penginapan paling tidak dua hari sebelum sampai di Jogja. Anda bisa memilih penginapan yang murah dengan harga antara Rp.100.000 sampai Rp.200.000. Meskipun harganya murah, tapi fasilitas dan tempatnya rata-rata sangat nyaman. Bahkan banyak turis yang memilih penginapan model seperti ini.

  1. Pilih Makanan Khas Murah Jogja

Datang ke Jogja tanpa menikmati makanan khas Jogja mungkin tidak akan pernah berkesan. Percayalah, sekali Anda menikmati makanan khas Jogja, maka Anda pasti akan datang lagi. Ada beberapa alternatif makanan murah yang bisa Anda pilih seperti:

  • Ini adalah salah satu tempat untuk makan yang paling nikmat di Jogja. Anda bisa menemukan angkringan mulai sore hari. Mereka biasanya menyediakan makanan seperti nasi bungkus,nasi oseng,nasi kucing, mie goreng, berbagai jenis sate, gorengan, baceman, dan berbagai jenis minuman. Hanya dengan uang Rp15.000 saja Anda sudah bisa menikmati makan dan minum sambil ngobrol sepuasnya dengan teman.
  • Pecel, lotek, soto, gudeg. Ketiga jenis makanan ini bisa ditemukan sebagai menu sarapan atau makan siang. Menu makanan ini juga biasanya dijual murah dengan harga Rp.13.000 saja sudah lengkap dengan lauknya.
  1. Pilih Transportasi Irit

Sebenarnya untuk mengelilingi kota Jogja memang sudah disediakan fasilitas seperti bus Trans Jogja. Ini bisa menjadi alternatif transportasi jika Anda pergi dengan teman atau sendirian. Namun jika Anda pergi dengan keluarga atau lebih dari 4 orang maka bisa menyewa mobil atau menggunakan transportasi online. Jika dihitung pergi bersama rombongan juga lebih murah loh.

Atau jika Anda ingin berpetualang sambil naik motor, maka cukup sewa motor saja. Tarif untuk sewa motor bisa dihitung perhari. Untuk syarat sewa biasanya hanya perlu meninggalkan KTP saja. Nah mudah khan?

  1. Pilih Tempat Wisata

Memang Jogja memiliki banyak tempat tujuan wisata, apalagi makin menjamurnya tempat wisata di jogja yang lagi hits. Karena itu jika Anda sudah menentukan anggaran liburan sejak awal, maka lebih baik untuk melakukan riset sebelum sampai di Jogja. Anda bisa memilih liburan pantai di kawasan seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baron atau deretan pantai di kawasan Gunung Kidul. Dengan begitu Anda bisa menentukan moda transportasi juga.

Tapi Anda juga tetap bisa menikmati wisaya budaya seperti mengunjungi pasar seni dan pameran seni yang sering diadakan di Benteng Vredeburg. Biasanya pameran seperti ini juga tidak memerlukan biaya tiket. Atau jika Anda ingin menikmati wisata malam maka banyak pertunjukan seni gratis di jalan-jalan sekitar Malioboro.

  1. Belanja dengan Bijak

Jadi tidak mungkin sudah jauh-jauh pergi ke Jogja tapi tidak membawa oleh-oleh. Jangan khawatir, meskipun Anda ingin menghemat biaya liburan bukan berarti Anda tidak bisa belanja. Anda tetap bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh seperti baju batik, sandal, tas atau suvenir murah di kawasan Malioboro dan Pasar Beringharjo. Atau jika Anda ingin membeli bak pia maka cukup mendatangi pusat produksinya di belakang Malioboro.

Nah buat Anda yang mau liburan dengan budget yang rendah ke Jogja, ikuti saja cara – cara itu ya.

Tags: