Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

5 Obat untuk Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Sakit tenggorokan sangat mengganggu proses makan, minum, dan aktivitas sehari-hari. Namun, jangan khawatir karena di pafiempatlawang.org, Anda akan mendapatkan pengobatan sekaligus pencegahan yang tepat.

Pafiempatlawang.org adalah salah satu organisasi persatuan Ahli farmasi Indonesia yang dapat meracik obat, termasuk untuk sakit tenggorokan. Penjelasan selengkapnya, simak di sini!

Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Kimia


Obat untuk Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Tenggorokan yang sakit saat menelan dapat disembuhkan dengan cara alami maupun kimia. Lantas tenggorokan sakit saat menelan apa obatnya? Inilah jawabannya:
 

Berkumur Menggunakan Air Garam


Mengobati sakit tenggorokan dapat diatasi dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini cukup ampuh meredakan peradangan pada tenggorokan.

Garam dapat menarik lendir agar bisa keluar dari jaringan yang meradang dan bengkak, sehingga rasa tidak nyaman akan berkurang.

Cara mengaplikasikannya adalah setengah sendok teh garam dicampurkan dalam satu gelas air hangat. Tinggal aduk sampai garam larut dan minum. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilkan cepat dirasakan.
 

Mengonsumsi Teh dan Madu


Sakit tenggorokan dapat diatasi dengan campuran teh dan madu yang bisa meredakan tenggorokan yang sakit. Minuman ini membantu meningkatkan hidrasi dalam tubuh.

Untuk hasil maksimal, konsumsi minuman radang tenggorokan dari campuran madu dan teh hijau. Teh ini mengandung pereda nyeri, antibakteri, dan kaya antioksidan.
 

Konsumsi Air Putih yang Banyak


Minuman untuk radang tenggorokan yang bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah air putih dengan jumlah yang cukup. Orang dewasa dianjurkan konsumsi air putih setidaknya 2 liter per harinya.

Bagi yang sakit tenggorokan lebih baik konsumsi air putih hangat. Lakukan ini secara berkala agar rasa sakit tenggorokan bisa membaik.
 

Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan


Cara menyembuhkan radang tenggorokan bisa menggunakan permen pelega tenggorokan. Permen ini dapat dibeli di apotek maupun toko biasa.

Permen pelega tenggorokan mengandung mentol yang berfungsi membuat jaringan tenggorokan mati rasa dengan perlahan. Perasaan lega akan muncul dan nyeri berkurang.
 

Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri


Obat pereda nyeri bisa mengurangi dan menghilangkan rasa sakit tenggorokan. Contoh obat pereda nyeri adalah naproxen atau ibuprofen.

Untuk mendapatkan obat pereda nyeri yang tepat, Anda bisa konsultasi dahulu dengan pihak kesehatan. Obat pereda nyeri ini bisa dibeli di apotek.

Jadi kesimpulannya, obat untuk sakit tenggorokan dengan cepat bisa menggunakan bahan alami dan kimia.

Bahan alami, seperti berkumur menggunakan air garam, mengonsumsi teh dan madu, serta konsumsi air putih yang banyak.

Sedangkan, untuk pengobatan dari bahan kimia dengan mengonsumsi permen pelega tenggorokan dan obat pereda nyeri. Untuk obat kimia, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan pihak kesehatan.

Demikianlah penjelasan tentang obat sakit tenggorokan dengan cepat yang bisa dicoba. Untuk mengetahui informasi lain tentang kesehatan bisa simak di pafiempatlawang.org.
Show Comments

Popular Post