Pesona Budaya adalah blog berisikan budaya-budaya Indonesia yang beranekaragam.

Peran Asuransi Syariah Dalam Mengelola Risiko Finansial

Manfaat asuransi syariah semakin disadari oleh masyarakat Indonesia di masa kini. Bagaimana tidak, produk keuangan yang satu ini sangat membantu menjaga kestabilan finansial.

Pengertian asuransi syariah itu sendiri adalah usaha untuk saling melindungi serta tolong menolong di antara peserta asuransi yang dilaksanakan sesuai dengan tuntunan ajaran agama Islam.

Dari pengertian tersebut, jelas bahwa asuransi syariah merupakan pilihan terbaik khususnya bagi umat Islam. Sebab, dalam asuransi syariah tidak dikenal adanya riba serta transaksi yang tidak sesuai ajaran agama Islam.

Lalu, terkait dengan risiko finansial itu sendiri, ada satu pertanyaan menarik. Yaitu, bagaimana sebenarnya peran asuransi syariah dalam pengelolaan risiko finansial?

Peran Asuransi Syariah Terkait Pengelolaan Risiko Finansial


Peran Asuransi Syariah Terkait Pengelolaan Risiko Finansial

Sebagaimana yang sudah diketahui secara umum, asuransi itu adalah persiapan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya risiko termasuk sakit, kecelakaan, cacat dan risiko lainnya yang membuat kondisi keuangan jadi terganggu.

Dalam menghadapi risiko yang memang belum tentu terjadi tersebut, asuransi syariah bisa dijadikan alat dan sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh berbagai risiko yang dimaksud.

Asuransi syariah ini memang mewajibkan para pesertanya untuk membayar sejumlah dana sesuai dengan yang tertera dalam polis asuransi. Akan tetapi, dana tersebut kelak akan dikembalikan lagi kepada peserta salah satunya dalam bentuk santunan.

Bukan itu saja, dengan dana tersebut bahkan para peserta berkesempatan untuk berbuat baik kepada sesama mengingat asuransi syariah dilakukan dengan konsep tolong menolong jika terjadi risiko.

Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai salah satu dasar hukum asuransi syariah khususnya dalam surat Al-Maidah ayat 2.

2 Manfaat Asuransi Syariah


Sebelum menjadi peserta asuransi syariah, Anda akan mendapatkan hak yang disebut dengan cooling off period atau hak mempelajari polis asuransi. Kalaupun setelah mempelajarinya Anda ingin membatalkan polis tersebut, tidak masalah.

Anda tidak akan dikenakan denda dan dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan. Namun, sebelum benar-benar membatalkannya, ada baiknya Anda ketahui berbagai manfaat asuransi syariah berikut ini terlebih dahulu.

1. Lebih Tenang Tanpa Riba


Salah satu perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah adalah riba. Kalau asuransi umum, di dalamnya terkandung riba salah satunya karena investasi dalam asuransi umum biasanya ditempatkan pada instrumen yang bersifat riba.

Lain halnya dengan asuransi syariah. Perusahaan asuransi akan menempatkan dana para peserta hanya pada instrumen yang terbukti sesuai dengan ajaran agama Islam.

2. Ada Pembagian Hasil


Asuransi syariah di Indonesia dijalankan dengan prinsip tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Dengan prinsip tersebut, perusahaan asuransi memposisikan dirinya sebagai pengelola dana.

Sehingga, kalau ada keuntungan dari kegiatan pengelolaan dana, hasilnya pun akan dikembalikan pada peserta. Tentunya ini dilakukan sesuai akad yang sudah dijelaskan di awal.

Dalam praktiknya, perusahaan asuransi syariah akan diawasi langsung oleh DPS atau Dewan Pengawas Syariah. Dewan Pengawas Syariah akan memastikan perusahaan asuransi syariah menjalankan kegiatannya sesuai dengan aturan Islam.

Termasuk terkait dengan rukun asuransi syariah dan syarat-syaratnya yang menjadi sebab sah tidaknya suatu transaksi.

Allianz menjadi salah satu perusahaan asuransi syariah yang berada di bawah pengawasan Dewan Pengawas Syariah tersebut. Anda bisa menemukan banyak pilihan produk asuransi di perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1890 ini.

Diantaranya adalah AlliSya AMAN yang akan memberikan perlindungan berupa asuransi kematian dan penyakit kritis dalam rangka menjaga kondisi finansial agar tetap terjamin.

Kemudian ada juga Allianz Tasbih. Ini adalah produk yang akan membantu Anda merealisasikan keinginan melaksanakan ibadah haji sekaligus mendapat manfaat tambahan berupa perlindungan bagi diri Anda dan keluarga.

Pastinya, masih banyak produk lain dari Allianz yang bisa dipilih sesuai kebutuhan diri dan orang-orang tercinta. Pertimbangkan dengan baik dan pilih produk dengan seksama agar Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi syariah secara optimal.
Show Comments

Popular Post