Tips Travelling Jaman Now!!!

Travelling merupakan salah satu hobi millenial masa kini. Jika kamu adalah orang-orang yang suka bermain sosial media terutama Instagram, pasti kamu akan menemukan banyak kaum millenial yang mendadak terkenal hanya karena foto-foto travellingnya di instagram. Banyak anak muda yang mendadak menjadi selebgram karena berhasil travelling ke berbagai belahan dunia dan menghasilkan foto-foto yang mengagumkan. Mungkin memang terlihat mudah, padahal nyatanya tidak loh. Pasti banyak sekali rintangan yang mereka lewati untuk menghasilkan gambar indah di Instagram.

Dalam artikel ini akan dibahas tips-tips travelling yang mungkin bisa dicoba untuk kamu yang pemula dan mungkin ingin mengikuti jejak millenial jaman sekarang, yaitu jadi travel blogger atau mungkin jadi travel vlogger. Karena travelling tidak sesederhana namanya loh! Banyak sekali hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan. Yuk kita simak beberapa tips yang saya berikan untuk travelling ke beberapa  tujuan wisata mulai dari pantai, gunung sampai ke luar negeri yang mungkin sedang mengalami iklim super beda dengan negara kita ini.

Pantai

Duh siapa sih yang ngga suka ke pantai? Kayaknya hampir semua traveller masa kini itu wajib deh punya satu aja foto di pantai. Apalagi indahnya pantai di Indonesia ini tidak bisa diabaikan. Nah karena pantai merupakan salah satu tujuan wisata wajib bagi para traveller, ada beberapa tips nih untuk kamu yang mungkin ingin travelline ke pantai dalam waktu dekat ini.

  • Jangan lupa bawa Sunblock! Pertama yang ada di pikiran kamu kalau denger kata pantai pasti ombak dan matahari kan? Sebenarnya matahari di pantai itu kalau kena kulit kamu langsung apalagi wajah sangat berbahaya loh. Makanya sunblock itu wajib banget deh buat kamu, kulit kamu pasti akan tetap menghitam apalagi kalau kamu berjemur. Tapi sunblock itu akan melindungi kamu dari kejamnya sinar matahari, jadi kulit kamu ngga akan kebakar deh.
  • Pakai baju pantai yang praktis dan ngga ribet. Ini berlaku untuk kamu cowok atau cewek ya. Terutama cewek deh, karena cewek itu kan terkenal ribet. Jadi harus dikasihtau dari sekarang, kalau ke pantai itu ngga usah ribet-ribet. Kamu cukup pakai kaos dan celana pendek aja. Kalau kamu berhijab, kamu bisa pakai kaos panjang dengan celana bahan yang adem banget. Jadi pas di pantai kamu tetap nyaman dan ngga akan kepanasan.
  • Kalau bisa gunakan tas yang tahan air ya! Supaya barang-barang penting kamu seperti handphone, kamera dan baju ekstra ngga kena basahnya air pantai.
  • Gunakan sandal selama di pantai. Ini wajib banget! Jadi kamu ga perlu ribet lagi kalau tiba-tiba kaki kamu kena air laut. Kalau pakai sepatu kena basah dikit pasti ngga enak kan. Lebih praktis juga kok!
  • Pakai topi dan kacamata hitam ya! Selain bisa melindungi kepala dan mata kamu dari tajamnya sinar matahari, topi dan kacamata hitam ini juga bisa jadi property kece untuk foto loh!
  • Bawa pakaian renang! Untuk kamu yang mungkin anaknya random banget, liat air laut bawaannya ingin nyebur, wajib deh bawa pakaian yang satu ini.
  • Bawa bedak bayi. Katanya sih ini tuh ngaruh banget buat ngilangin pasir yang nempel di kulit kamu. Jadi kalau kamu susah ketemu air, kamu bisa pakai ini supaya kulit ngga gatel dan lengket akibat pasir pantai.

Gunung

Sampai detik ini gunung tetap menjadi tujuan wisata utama. Namun karena ke gunung ini jauh lebih sulit dari ke pantai, jadi ngga sembarangan orang yang bisa kesana. Yuk simak tipsnya, siapa tahu kamu bisa juga kan menikmati keindahan alam yang satu ini.

  • Bawa uang tunai. Ini wajib banget deh, karena di gunung pasti kamu ngga akan menemukan tuh yang namanya mesin atm. Karena itu, sebelum berangkat kamu harus bisa memperkirakan estimasi biaya kamu berapa selama disana.
  • Persiapkan fisik. Ini juga penting banget deh. Apalagi kalau kamu naik gunung yang tinggi, kamu pasti membutuhkan tenaga yang kuat kan untuk nanjaknya.
  • Gunakan sepatu gunung atau sandal gunung. Karena sudah terjamin akan kualitasnya untuk menanjak gunung, kalau kamu pakai sepatu atau sandal biasa khawatir kaki kamu sakit atau rusak deh.
  • Jangan lupa bawa perlengkapan pribadi ya! Mulai dari obat-obatan, baju hangat dan tebal seperti jaket atau sweater, syal, kaos kaki, sarung tangan, topi dan penutup telinga untuk melindungi telinga kamu dari medan gunung yang tinggi banget. Semua wajib kamu bawa loh!
  • Bawa persediaan makanan dan minuman yang banyak. Karena di gunung kamu akan susah menemukan orang jualan, apalagi gunung yang sepi banget. Kamu ngga akan nemuin suasana di pantai deh yang dimana-mana ada orang jualan.
  • Persiapkan segalanya dari jauh-jauh hari. Liburan ke gunung itu tipenya beda banget deh sama liburan ke pantai. Kalau ke pantai kamu bisa dengan rencana dadakan, kalau gunung itu harus direncakan matang-matang.

Luar Negeri

Nah kalau tujuan wisata yang satu ini biasanya tujuan wisata para selebgram. Karena belum keren lah bagi mereka kalau ngga jalan-jalan ke luar negeri. Padahal di Indonesia aja masih banyak loh yang bagus-bagus yang bisa kamu jelajahi. Tapi ngga ada salahnya juga kok jalan-jalan ke luar negeri. Karena banyak juga hal menarik yang ngga bisa kamu temukan di Indonesia, tapi pasti ada di luar sana, contohnya seperti iklim di luar negeri yang mungkin tidak bisa kamu temukan di negara kita ini atau makanannya. Yuk simak tipsnya!

  • Persiapkan visa dan passport. Jalan-jalan ke luar negeri itu memang jauh lebih ribet. Karena banyak yang harus persiapkan. Tapi pengalaman yang kamu dapatkan juga akan jauh lebih banyak.
  • Persiapkan tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu selama disana. Jangan lupa juga tukarkan uangnya ke mata uang negara yang kamu tuju ya! Estimasi biayanya harus kamu perhitungkan dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena itu juga kamu sudah harus tahu berapa biaya makanan di negara tersebut dan biaya lainnya.
  • Jangan lupa bawa baju hangat seperti coat tebal, sweater dan syal. Pakaian hangat tersebut wajib kamu bawa khusus untuk kamu yang ingin berkunjung ke negara dengan iklim winter saat itu.
  • Bawa peta atau selalu gunakan gps. Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, kamu harus udah menetapkan akan pergi kemana saja. Sehingga alamatnya sudah tersimpan di gps kamu dan tinggal kamu gunakan saat akan bepergian disana.
  • Bawa obat-obatan pribadi. Walaupun disana pasti banyak yang menjual obat, tapi ngga semua obat di Indonesia pasti ada disana. Sebaiknya kamu berjaga-jaga saja, daripada sakit di negara orang kan.
  • Jangan lupa bawa kamus bahasa inggris ya! Karena orang yang bisa bahasa Indonesia ya hanya orang kita saja. Selain itu bahasa inggris juga merupakan bahasa general yang pasti dipakai oleh orang-orang dari berbagai negara.

Nah berikut beberapa tips travelling yang mungkin bisa jadi pedoman kamu untuk liburan. Yang paling penting jangan lupa bawa kamera ya untuk mengambil foto-foto yang mengagumkan! Sayang kan udah mahal-mahal liburan tapi ngga ada yang bisa di abadikan.

Tags: