Ingin Berlibur Ke Pantai? Ini Dia, Makanan Yang Meningkatkan Perlindungan Terhadap Sinar Matahari

Pantai sering menjadi pilihan utama untuk berlibur, baik sendiri, bersama pasangan, teman, ataupun keluarga. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai. Seperti, menikmati ombak, melihat matahari terbit dan juga terbenam, ataupun juga makan ikan bakar. Berlibur ke pantai juga mudah dijangkau dan tidak perlu melakukan persiapan fisik sejak berbulan-bulan sebelumnya. Tetapi karena sinar matahari yang terik di pantai, setelah liburan kulit akan menjadi hitam karena terbakar sinar matahari. Terkadang kita memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan keadaan kulit seperti semula, padahal kita hanya berlibur sehari atau dua hari.

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa menggunakan tabir surya sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Padahal tidak, mengoleskan tabir surya tidak akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kita juga memerlukan perlindungan dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari. Berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari, antara lain:

  • Delima

Delima akan memberikan perlindungan yang luar biasa dari sinar UVA dan UVB dari matahari. Hal ini karena delima mengandung antioksidan dan asam ellagic yang tinggi. dengan mengonsumsi buah lezat ini akan meningkatkan sifat perlindungan dari SPF berbasis kimia sebesar 20%.

  • Wortel

Selain bagus untuk mata, kandungan beta karoten dalam wortel dapat membantu tubuh dalam melindungi diri dari efek negatif sinar matahari. Masalah kulit yang terbakar sinar matahari, juga dapat diatasi dengan mengonsumsi wortel, karena kandungan vitamin E di dalamnya.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang mengandung antioksidan seperti, kembang kol, kangkung, dan brokoli merupakan makanan yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari. Antioksidan akan membantu mencegah kerusakan radikal bebas yang disebabkan sinar UVA dan UVB.

  • Semangka

Buah yang mengandung banyak air ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari. Hal ini karena dalam semangka mengandung likopen yang tinggi sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas karena sinar matahari. Sehingga dengan mengonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan kadar SPF dalam tubuh.

  • Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau akan membantu meningkatkan kadar SPF dalam tubuh, sehingga dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari. Hal ini karena teh hijau memang dikenal mengandung anti-inflamasi yang tinggi, sehingga tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kulit hitam akibat sinar matahari tapi juga melawan penuaan dini serta menurunkan risiko  kanker kulit.

Untuk yang memang berencana berlibur ke pantai, jangan lupa untuk selalu rutin mengonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas untuk meningkatkan perlindungan terhadap sinar matahari.

Tags: