Eksplore Jepang Dengan Budget Seminimalis Mungkin

Lelah dan jenuh dengan aktivitas yang saya lakukan, ditambah dengan lalu lintas Jakarta yang semakin hari semakin kacau membuat saya berpikir untuk liburan saja. Karena menurut saya otak manusia tidak bisa diforsir, apalagi yang setiap hari otaknya dipakai untuk bekerja. Pasti mereka pun membutuhkan penyegaran otak sama seperti saya. Liburan pun langsung terpikir oleh saya karena saya memiliki jiwa travelling. Saya selalu ingin mengeksplore tempat-tempat baru, bagi saya itu adalah tantangan tersendiri apalagi saya suka sharing mengenai cerita liburan saya yang pastinya saya kemas dengan bentuk foto yang indah. Akhirnya saya menghubungi teman saya yang menurut saya dia paling available untuk diajak travelling. Masih muda, single dan juga memiliki jiwa travelling. Kita berdua sepakat bahwa jepang adalah salah satu destinasi terbaik yang wajib dikunjungi oleh para traveller. Apalagi liburan ke Jepang itu tidak ribet menurut saya, kita hanya diwajibkan untuk membawa E-Passport saja. Selain itu, kita juga sama-sama excited untuk pergi ke Jepang. Karena sejujurnya saya selalu penasaran dengan negara yang satu ini.

Baca juga Tips Traveling ke Luar negeri di blog Traveloka

Negara ini didaulat menjadi salah satu negara dengan turis terbanyak. Itu dikarenakan hampir semua orang dari berbagai belahan negara pasti pernah dan akan berkunjung ke Jepang. Walaupun kota ini juga terkenal dengan biaya hidup yang tinggi, rupanya itu tidak menjadi masalah bagi para turis, termasuk saya. Setelah memutuskan liburan ke Jepang, saya dan teman saya langsung membuat rencana perjalanan, salah satunya dengan menentukan tanggal berangkat dan berapa lama kita akan berada disana. Karena ke Jepang itu membutuhkan biaya yang banyak, kita menentukan tanggal terbaiknya adalah 6 bulan dari sekarang, yaitu sekitar tanggal 20 April 2018 dan kita berencana menghabiskan waktu 10 hari untuk eksplore Jepang.

Rencana liburan pun dimulai, yang pertama kita menentukan akan ngapain saja disana dan kota apa saja yang harus kita kunjungi. Hal inilah yang menarik dari suatu perencanaan liburan, karena dengan begitu kita bisa berkhayal terlebih dahulu. Setelah diskusi panjang sekaligus eksplore menggunakan google akhirnya rencana liburan saya selama di Jepang hampir selesai. Selama 10 hari kami akan mengunjungi Tokyo, Kyoto, Nara, Osaka dan kalau sempat kita akan berkunjung ke Gunung Fuji. Wah semakin excited dong pastinya apalagi setelah baca berbagai blog orang tentang perjalanan mereka ke Jepang. Kita juga sudah menentukan bahwa 10 hari disana benar-benar harus digunakan untuk eksplore. Tiga hari pertama kita berencana wisata sejarah, seperti ke Gunung Fuji, berkunjung ke shibuya station untuk melihat patung Hachiko, datang ke Kuil Buddha Golden Pavilion sampai dengan melihat sisa-sisa bangunan bersejarah dari peristiwa bom atom Hiroshima atau lebih tepatnya dinamakan Hiroshima Peace Memorial.

Tiga hari berikutnya kita memilih untuk bersenang-senang, kita akan mencoba berbagai wahana di Disneyland, Disneysea dan Universal Studio. Tidak lupa juga berkunjung ke Okinawa Churaumi salah satu aquarium terbesar dan terkeren di Jepang. Lalu ke Fujiko F.Fujio, museum Doraemon dan Nobita salah satu kartun dari Jepang yang melegenda. Kita juga menyempatkan diri untuk merasakan sensasi ketinggian dari atas menara Tokyo. Setelah senang-senang, kita akan menggunakan sisa waktunya untuk wisata kuliner dan belanja. Kapan lagi ya kan belanja di Jepang? Kapan lagi juga eksplore berbagai kulinernya yang katanya sangat menggiurkan? Oke, rencana liburan saya sudah hampir rampung. Akhirnya penghitungan budget pun dimulai. Saya pun sudah memiliki tabungan untuk bersenang-senang. Karena saya sendiri memiliki cita-cita menjadi traveller yang bisa mengeksplore seluruh negara. Namun tetap saja, semakin sedikit budget akan semakin bagus.

Lagipula masih ada waktu 6 bulan, dimana kita bisa lebih ekstra menabungnya agar di Jepang budget yang dimiliki cukup untuk digunakan selama 10 hari. Setelah rencana ini beres, akhirnya saya dan teman saya memutuskan untuk mulai hunting tiket pesawat dan hotel. Saya memutuskan untuk hunting dari sekarang supaya bisa lebih mudah mengatur budget, lagipula semakin mepet tanggal keberangkatan biasanya harga pesawat dan hotel akan semakin mahal. Akhirnya saya membuka traveloka dan mulai mencari pesawat ke bandara haneda atau narita pada tanggal tersebut. Saya mencari tiket yang paling murah dan yang jam terbangnya paling sesuai dengan yang saya inginkan. Setelah mendapatkan harga pesawat yang sekiranya pas dikantong, baru saya mulai mencari hotel. Namun disini agak merepotkan dan sedikit membuang waktu karena saya harus menyesuaikan harga hotel dengan harga pesawat agar bisa sesuai dengan ekspektasi budget saya. Apalagi waktu yang dibutuhkan untuk mencari pesawat sudah cukup lama dan harus saya diskusikan terlebih dahulu dengan teman saya. Ditambah saya harus mencari hotel juga sehingga kebayang dong berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mencari kedua akomodasi penting tersebut?

Setelah saya selesai mencari keduanya, tiba-tiba saya baru sadar bahwa traveloka memiliki banyak fitur baru dan yang paling menarik adalah fitur flight + hotelnya. Karena penasaran akhirnya saya mencoba masuk ke fitur tersebut dan surprise… ternyata traveloka punya fitur pemesanan tiket pesawat + hotel sebagai ¬†1 paket loh! Wah tau gitu daritadi saya pakai fitur ini aja ya, dan untungnya lagi saya belum sempat booking. Akhirnya saya coba memesan dengan memasukkan tanggal yang telah saya tentukan dan hasilnya akan keluar pilihan hotel dan pesawat dari traveloka lengkap dengan jadwal penerbangan dan harga yang tercantum. Menariknya, Anda bisa mengganti jam penerbangan, pesawat bahkan hotelnya namun tetap terakumulasi satu paket. Praktis banget ya? Setelah munculnya fitur terbaru yang satu ini, pencarian pesawat dan hotel jauh lebih efisien. Tidak hanya praktis, ternyata fitur flight + hotel ini juga lebih menghemat budget saya. Karena harganya dalam satu paket jauh lebih murah dibandingkan saya memesan secara terpisah. Wah, semakin semangat nih saya untuk liburan!

Akhirnya saya dan teman saya berhasil booking penerbangan dan hotel dalam satu paket dan tinggal membayarnya. Traveloka memang selalu tahu cara menghemat waktu ya, ketika saya ingin membayar ternyata banyak sekali metode pembayaran yang ditawarkan, sehingga pemesanan akomodasi ini terasa sangat mudah. Saya pun memilih metode internet banking, sehingga saya bisa langsung menyelesaikan pembayaran. Harus saya akui, fitur baru traveloka ini benar-benar memudahkan saya. Biasanya pencarian pesawat dan hotel adalah yang paling memakan waktu, sekarang saya benar-benar bisa mengehemat waktu dan yang lebih penting menghemat budget liburan saya. Sehingga akhirnya biaya akomodasi saya bisa terakumulasikan untuk biaya yang lainnya seperti makan hingga senang-senang. Ayo untuk kalian yang mungkin juga sedang merencakan liburan seperti saya ke luar negeri atau bahkan dalam negeri, cobain deh gunakan fitur terbaru dari traveloka ini. Dijamin perencanaan liburan kalian akan semakin seru, karena pilihan pesawat dan hotel yang ditawarkan traveloka dapat meminimalisir budget kalian dan bahkan menghemat waktu kalian.

Tags: