5 Tempat Wisata di Nias Yang Paling Populer

Nias merupakan sebuah kepulauan yang secara geografis letaknya berada di sebelah barat dari Pulau Sumatera, Nias sendiri secara geografis masih menjadi bagian dari Propinsi Sumatera Utara. Pulau Nias adalah pulau paling besar di antara pulau – pulau lainnya yang berada di lepas pantai Propinsi Sumatera Utara dengan total luas wilayahnya mencapai kurang lebih 5625 km². Sebelum ini Kepulauan Nias hanya terdiri dari satu kabupaten saja, namun kini telah dimekarkan menjadi empat kabupaten.

Kepulauan Nias sendiri dihuni oleh penduduk yang mayoritasnya adalah suku Nias yang mana suku ini masih memiliki kebudayaan megalitik. Nias juga memiliki potensi wisata yang begitu besar sehingga membuat Nias menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Propinsi Sumatera Utara. Anda bisa menemukan ada banyak tempat wisata menarik yang sangat layak untuk Anda jadikan destinasi guna mengisi waktu liburan bersama keluarga ataupun sahabat, pada kesempatan ini akan kami ulas 5 tempat wisata di Nias yang paling populer.

5 Tempat Wisata di Nias Yang Paling Populer

  1. Pink Beach

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Nias adalah Pink Beach yang mana sesuai dengan namanya, pantai yang satu ini memiliki pasir yang berwarna pink sehingga menjadikan panorama alam di pantai ini sangatlah unik dan juga eksotis. Pink Beach atau dikenal juga sebagai Pantai Gawu Soyo ini lokasi persisnya berada di Desa Ombolata yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Nias Utara.

  1. Pantai Sorake

Pantai Sorake merupakan tempat wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi di Nias, pantai yang satu ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di kalangan pecinta olahraga surfing atau selancar. Pasalnya laut di Pantai Sorake memiliki ombak yang tergolong tinggi sehingga sangat ideal untuk olahraga selancar, bahkan pantai ini dijuluki the paradise island for surfing.

  1. Pantai Toyolawa

Pantai Toyolawa adalah sebuah tempat wisata yang lokasi persisnya berada di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Pantai Toyolawa sendiri akan menyuguhkan panorama alam yang begitu eksotis dengan pasir putihnya yang membentang dengan luas di sepanjang bibir pantainya, selain itu Anda juga bisa menemukan batuan karang yang ada di beberapa bagian pantai ini.

  1. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto merupakan salah satu pantai yang terkena sapuan tsunami pada tahun 2004 yang lalu, menariknya sapuan tsunami justru menjadikan pantai yang satu ini sekarang bertambah indah sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Pantai Tureloto sendiri dikenal sebagai Laut Mati-nya Indonesia karena Anda akan bisa mengapung di lautnya meskipun tidak mengenakan pelampung.

  1. Tradisi Lompat Batu Nias

Nias memang sering diidentikkan dengan lompat batu karena tradisi yang satu ini memang tidak terpisahkan dari penduduk Nias. Perlu Anda ketahui bahwa tradisi lompat batu ini telah dilaksanakan secara turun temurun dari generasi ke generasi selama berabad – abad lamanya, tradisi yang satu ini dilakukan oleh anak laki – laki yang telah akil balik yang akan melompati batu setinggi 2 meter.

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Nias, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata terpopuler yang telah disebutkan di atas.

Tags: