4 Tempat Wisata yang Masih Tersembunyi di Bekasi

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Bekasi? Tentu Anda membayangkan sebuah kota yang dipenuhi kawasan industri. Tidak salah, memang demikian adanya. Namun, di balik semua itu terdapat sebuah kota yang memiliki daya pikat berkat keindahan alamnya.

(sumber : klikbekasi.co)

Sayangnya, masih sedikit orang yang mengetahuinya, padahal objek wisata tersebut memiliki potensi yang bagus. Adapun sejumlah tempat wisata di Bekasi yang masih jarang diketahui publik, sebagai berikut:

  1. Klenteng Hok Lay Kiong

Kelenteng tertua di Bekasi ini merupakan salah satu peninggalan kuno yang telah dibangun sejak abad ke-18 atau sekitar tiga ratus tahun silam. Klenteng Hok Lay Kiong yang masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah ini terletak di Jalan Kenari, Desa Margahayu, Bekasi Timur.

Nama Hok Lay sendiri memiliki arti pembawa berkah. Meski tidak begitu luas, tetapi bangunan ini masih kokoh berdiri. Memang, ada sejumlah bagian yang telah mengalami renovasi. Namun, pintu utama, meja sembahyang, dan tungku pembakaran Fu berbentuk pagoda masih tetap dijaga keasliannya.

Di hari biasa, kelenteng ini termasuk sepi. Datanglah ke Klenteng Hok Lay Kiong saat Tahun Baru China, Imlek berlangsung. Anda akan melihat secara langsung ritual keagamaan, seperti penyucian arca Dewa, benda pusaka, atraksi barongsai, pukul bedug, ritual tabur sial, dan pelepasan kura-kura.

  1. Situ Gede

Situ Gede yang terletak di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Bekasi ini merupakan salah satu objek wisata yang memiliki potensi tinggi. Tak hanya dapat dijadikan sebagai taman wisata air, Situ Gede pun dapat diubah sebagai tempat konservasi alam serta pusat seni dan budaya.

Kendati Situ Gede tak kunjung dijadikan sebagai  Taman Wisata Rawa Baru sesuai dengan rencana Pemkot Bekasi, tetapi setiap hari kawasan ini sering dikunjungi warga untuk sekadar melepas lelah setelah bekerja seharian, memancing, atau menikmati hangatnya suasana senja.

Lingkungan yang asri dan udara yang masih segar membuat orang betah berlama-lama menghabiskan waktu di Situ Gede.

  1. Hutan Mangrove Muara Gembong

Siapa sangka Bekasi memiliki hutan mangrove yang masih terjaga kelestariannya? Hanya segelintir orang yang mengetahui destinasi yang terletak di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi. Hutan ini menyuguhkan panorama nan indah dengan suasana yang tenang dan begitu alami.

Anda akan menemukan beragam jenis tumbuhan, seperti api-api, ketapang, bakau, nipah, dan pedada. Tak hanya kaya akan flora, ada banyak fauna yang hidup di dalam Hutan Mangrove Muara Gembong, yaitu kuntul perak, kuntul kecil, dara laut, cikalang, layang batu, cangak abu, kera ekor panjang, biawak, dan kura-kura hutan.

  1. Desa Pebayuran Bekasi

Apakah Anda senang memancing? Jika iya, Desa Pebayuran Bekasi dapat menjadi salah satu alternatif terbaik. Meski belum terlalu populer, tetapi pemancingan yang terletak di Jalan Raya Pebayuran, Sumbersari, Bekasi ini menawarkan sesuatu yang berbeda, yakni memancing dengan nuansa pedesaan.

Anda pun tak perlu takut tidak mendapatkan hasil selama memancing, karena ada banyak kolam yang dapat dicoba, mulai dari kolam Catch and Release (C&TR), kolam kiloan, hingga kolam harian.

Ikan yang dapat Anda tangkap pun beragam, ada ikan arapaima, gabus, tiger fish, red tail catfish, dan aligator. Bagi pemula, tersedia kolam harian yang memiliki tingkat kesulitan lebih rendah. Ikannya pun bervariasi, meliputi mujaer, patin, dan bawal.

Jika perut Anda lapar, bawa saja tangkapan Anda ke Saung Bambu untuk dimasak. Sembari menunggu hidangan matang, Anda bisa menyaksikan hiburan yang disuguhkan oleh pengelola.

Itulah sederet tempat wisata di Bekasi yang masih jarang diketahui orang. Anda yang tertarik untuk menghabiskan liburan di Bekasi dapat memesan kamar dengan mengandalkan ponsel. Unduh aplikasi Airy Rooms melalui Google Play Store atau App Store untuk mendapatkan hotel murah di Bekasi dengan mudah.

Anda tidak akan menyesal, sebab setiap kamar mendapatkan fasilitas lengkap, yakni tempat tidur bersih, AC, shower air hangat, TV layar datar, perlengkapan mandi, air minum, dan WiFi gratis.

Tags: